Bagi para entrepreneur brand terbilang sangat penting untuk kelangsungan bisnisnya. Brand bisa dikatakan sebagai wajah bisnis para entrepreneur di public, atau bisa juga dikatakan brand adalah identitas personalnya. Sebagai pelaku bisnis, penting sekali untuk mengenal dan merumuskan brand Anda, tidak hanya untuk mencoba membuat impression yang kuat tetapi memungkinkan bagi konsumen dan mitra untuk mengenal perusahaan Anda.

Tujuan Branding

Tujuan dari branding adalah untuk menyampaikan pesan ke masyarakat dan pengguna baik melalui materi pemasaran atau melalui logo dan nama yang dipilih. Di sisi lain startup yang anda bangun perlu dikenal dan dilihat oleh banyak orang untuk membuka kesempatan untuk lebih banyak dikenal masyarakat. Membangun brand bagi starup sama halnya dengan berinfestasi untuk meningkatkan nama dan menempatkan posisi di masyarakat sebagai sesuatu yang diingat. Di samping itu, brand juga menjadi jalan yang tepat untuk menyampaikan value ke masyarakat.

 Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk membangun sebuah branding, berikut cara yang dapat dilakukan.

  1. Cari tahu siapa target audiens dan kompetitor anda.
  2. Tentukan nama brand anda.
  3. Tentukan slogan agar lebih menarik perhatian
  4. Desain logo untuk brand anda.
  5. Tentukan penampilan atau gaya brand anda.

Alasan Branding

Sebagai penjelasan lebil lanjut, berikut adalah alasan mengapa branding sangat penting bagi startup.

1. Dengan branding, akan membantu meningkatnya reputasi bisnis.

Dengan brand image yang kuat dan konsisten, hal tersebut akan membantu dalam bisnis. Brand akan lebih memudahkan para konsumen untuk mengenali, mengingat, dan merekomendasikan brand anda ke banyak orang. Maka dari itu itulah menjadi salah satu alasan bahwa branding sangat penting.

2. Mendatangkan konsumen baru.

Apabila brand kita sudah cukup terkenal dan kuat dalam bisnis kita, maka akan sangat mudah untuk mendatangkan konsumen yang baru. Hal itu sangat jelas, bukankah sangat disayangkan apabila kita sudah cukup lama berkecimpung dalam suatu sektor bisnis, tetapi kita tidak punya brand yang kuat atau bahkan tidak mempunyai brand sama sekali.

Brand yang kuat sejalan dengan impression market yang positif dan konsumen akan senang berbisnis dengan anda kerena reputasi dan kepercayaan konsumen dengan brand tersebut.

3. Branding adalah investasi bisnis.

Brand yang dikenal dan kuat akan membantu meningkatkan reputasi di kemudian hari dan akan meningkatkan nilai bisnis anda dengan memberikan penambahan service di industry yang anda bangun.

4. Meningkatkan kebanggaan dan kepuasan karyawan.

Ketika karyawan bekerja dengan suatu perusahaan yang terkenal dengan brandnya, dan mereka sejalan dengan visi dan misi perusahaan maka karyawan akan lebih nyaman dengan pekerjaan sehingga meningkatkan nilai kepercayaan terhadap perusahaan. Mereka juga akan bangga bekerja di perusahaan tersebut, dan membuat mereka betah untuk bekerja lebih lama.

5. Dengan Branding bisa meningkatkan kepercayaan perusahaan.

Orang lebih cenderung untuk melakukan suatu bisnis dengan perusahaan yang memiliki brand yang kuat dan profesional. Konsumen merasa mereka dapat mempercayai perusahaan, produk, dan jasa yang anda tawarkan.

Berikut adalah alasan yang pentingnya dari suatu brand.

Branding disebut juga upaya untuk menyampaikan pesan dan mengenalkan sebuah produk atau bisnis. Sebelum jauh merencanakan strategi branding, ada beberapa hal yang perlu anda persiapkan, seperti sebagai berikut.

  1. Apa misi perusahaan anda.
  2. Apa manfaat dan fitur yang ada di produk atau layanan anda
  3. Kualitas apa yang anda ingin pengguna kaitkan tentang perusahaan anda.

jadi apa tujuan branding anda?

Kami adalah Freelancer yang berasal dari surabaya. memulai freelancer di awal tahun 2013 dengan bergabung dengan situs kontes dan freelancer lainnya. Dan saat ini kami fokus mengembangkan ide kami dalam website sederhana ini.

Jam kerja:
senin – sabtu : 09:00 – 17:00